Kita
tak bisa pungkiri bahwa teknologi tidak akan pernah berhenti berkembang. Munculnya
Social Media, dapat menjadi
inidkator seseorang “gaul” atau tidak. Namun, perkembangan media social apalagi
dikalangan remaja terkadang dapat menjadi boomerang tersendiri bagi si pengguna.
Salahnya penggunaan social media menjadi factor utamanya. Dengan kemudahan
mengekspresikan diri, terkadang akan muncul konflik dari hal yang sepele. Misalnya,
tidak sesuainya pendapat dengan orang lain, saling ejek antar supporter bola
dari tim yang berbeda, dsbnya. Sering kali juga social media digunakan untuk “curhat”.
Bahkan, digunakan untuk mengobrol dua arah (percakapan antar dua orang) yang
seharusnya bisa dilakukan via SMS atau messenger yang sudah banyak berkembang
sekarang seperti WhatsApp, BBM, Line, dll,
Saya
akan menampilkan hasil survey penggunaan Social Media yang diambil dari Wikipedia.
Pada kesempatan kali ini saya akan memeberi dua sampel social Media yang paling
umumm digunakan di Indonesia.
1.
Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan
pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,
Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar
pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon
genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs
ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan
pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang
sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau
ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo
Saverin, Andrew McCollum, Dustin
Moskovitz dan Chris Hughes.[8]
Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja,
kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League,
dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer
Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun
yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga
melanggar persyaratan layanan situs ini.
Penggunaan
Facebook Di Dunia
Pada April 2010, menurut The New York Times, negara yang memiliki
pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia.[148]
Indonesia telah
menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah
Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia.
2.
Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog
daring
yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks
hingga 140 karakter, yang dikenal
dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006
oleh Jack Dorsey,
dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan,
Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering
dikunjungi di Internet,
dan dijuluki dengan "pesan singkat
dari Internet." . Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca
kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka
situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi
untuk perangkat seluler.
Penggunaan
Twitter Di Dunia
5
besar pasar global Twitter menurut pertumbuhan pengguna (%)
|
||||
Negara
|
Persen
|
|||
Jun 2010
|
20.8%
|
|||
Des 2010
|
19.0%
|
|||
Jun 2010
|
20.5%
|
|||
Des 2010
|
21.8%
|
|||
Jun 2010
|
19.0%
|
|||
Des 2010
|
21.1%
|
|||
Jun 2010
|
17.7%
|
|||
Des 2010
|
22.3%
|
|||
Jun 2010
|
16.8%
|
|||
Des 2010
|
20.0%
|
|||
Catatan:
Pengunjung berusia 15+ yang mengakses Twitter dari rumah dan tempat kerja.
Tidak termasuk kunjungan dari komputer publik seperti warung Internet atau
akses dari ponsel dan PDA.
|
Pada tanggal 7 September 2011, Twitter
mengumumkan telah memiliki 100 juta pengguna aktif yang setidaknya membuka
Twitter sekali sebulan, dan 50 juta pengguna aktif setiap hari. Dalam sebuah
artikel yang diterbitkan pada tanggal 6 Januari 2012, Twitter dilaporkan telah
menjadi jejaring sosial terbesar di Jepang, menggeser Facebook
ke posisi dua. ComScore juga menyatakan bahwa Jepang adalah satu-satunya negara
di dunia yang pengguna Twitternya lebih banyak daripada pengguna Facebook. Hingga
Juli 2012, dilaporkan bahwa jumlah pengguna terdaftar Twitter mencapai angka
500 juta, dengan 200 juta pengguna aktif; 140 juta di antaranya berasal dari
Amerika Serikat, dan kota dengan pengguna Twitter terbanyak adalah Jakarta.
Perusahaan
riset Pear Analytics menganalisa
2.000 kicauan pengguna Twitter di Amerika Serikat selama dua minggu pada bulan
Agustus 2009, dari pukul 11:00 am sampai 5:00 pm (CST), dan membaginya ke dalam
enam kategori:
██ Berita
(3,6%)
██ Spam
(3,8%)
██ Promosi
diri (5,9%)
██ Celotehan
tak berarti (40,1%)
██ Percakapan
(37,6%)
██ Pesan
berulang/retweet (8,7%)
Kesimpulan
Dari
hasil survey diatas, maka dapat disimpulkan kebanyakan pengguna menggunakan Twitter untuk
membicarakan yang hal yang tak penting. Dan ditambah lagi dengan hasil yang
menunjukan bahwa Indonesia khususnya Jakarta adalah kota dengan penggunaan
Twitter terbanyak, maka resiko untuk terjadi konflik juga cukup tinggi. Karena itu,
sebaiknya kita kurangi celotehan yang kurang penting di social media,
alihkanlah ke fasilitas SMS atau Messenger yang tersedia agar privasi kita juga
dapat terjaga dan mengurangi konflik dari adanya kesalahan speekulasi dari
begitu banyaknya sudut pandang di social Media dari apa yang kita tulis di
Social Media. Jika kita mempunyai sesuatu informasi akurat yang dapat di
bagikan, kita dapat memanfaatkan Social Media untuk membaginya.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment