Kali
ini aku akan analisis tentang Web E-commerce di Indonesia. Dan yang akan aku
bahas adalah…. Lazada.co.id.
Kenapa aku mau bahas Lazada, karena aku cukup sering belanja disini hehehe.
|
Tentang
Lazada
Tampilan Awal Lazada Source : lazada.co.id |
LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan
merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia
Tenggara. LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan
perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket Internet merupakan
perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan
online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman,
proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling,
Groupon (sebelumnya CityDeal), dll.
Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada
Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada
Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan
Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan
berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen
terbesar di Asia Tenggara. Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang
mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia
Tenggara.
Lazada mempunyai tagline “Effortless
Shopping” artinya Lazada menawarkan kemudahan berbelanja untuk para
pelanggannya.
Tujuan
Belanja Utama
Dengan
ratusan ribu pilihan produk tersedia dari berbagai kategori, kesehatan dan
kecantikan, peralatan rumah tangga, handphone dan tablet, elektronik, peralatan
rumah tangga, Lazada menjadi tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan berbelanja
Pelanggan.
Selain dari berbagai pilihan produk dari brand internasional dan lokal, Pelanggan juga dapat menemukan berbagai produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada
Selain dari berbagai pilihan produk dari brand internasional dan lokal, Pelanggan juga dapat menemukan berbagai produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada
Berbelanja Mudah dan
Nyaman
Belanja kapan saja,
dimana saja, melalui komputer maupun handphone..
Dengan layanan pengiriman Lazada yang cepat dan dapat dipelangganlkan, Pelanggan hanya perlu duduk santai dan paket akan diantarkan kepada Pelanggan.
Dengan layanan pengiriman Lazada yang cepat dan dapat dipelangganlkan, Pelanggan hanya perlu duduk santai dan paket akan diantarkan kepada Pelanggan.
Berbelanja Aman dan
Terpercaya
Lazada menghadirkan
berbagai pilihan metode pembayaran bagi konsumen, termasuk bayar tunai di
tempat atau Cash-On-Delivery, Pelanggan hanya perlu membayar saat Pelanggan
menerima kiriman paket Pelanggan.
Memastikan keaslian
Produk
Lazada memastikan
kualitas dan keaslian produk: semua produk yang Pelanggan beli di Lazada
dijamin asli, bukan barang ilegal dan tidak rusak. Apabila terjadi kasus
sebaliknya, Pelanggan dapat mengembalikannya dalam jangka waktu 14 hari dan
menerima pengembalian uang sepenuhnya, yang termasuk dalam Program Perlindungan
Pelanggan.
Kelebihan
1. Beraneka Ragam Produk
Tersedia
Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan
membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan
pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak
sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk
elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga,
perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat
kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di
lazada.
2. Banyak Diskon Menarik
Yang Di Tawarkan
Salah satu alasan kenapa aku suka belanja di Lazada adalah banyak
diskonnya….. Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh
konsumen. Setiap hari Lazada memberikan penawaran dan diskon menarik. Lazada
sangat sering memeberikan diskon kepada pelanggannya. Event yang baru saja
diadakan oleh Lazada baru-baru ini adalah Online Revolution pada tanggal 11
November 2015. Pada hari itu Lazada memberikan diskon besar-besaran hingga 90%.
Event ini akan diadakan kembali tanggal 12 Desember 2015.
3. Tampilan website yang
user friendly
Tampilan website Lazada sangat simple
dan efektif. Pada halaman utama paling atas terdapat barang-barang yang
direkomendasikan. Pada kategori barang juga efektif dan detail. Sehingga para
pelanggan tidak bingung untuk berbelanja.
4. Bebas Ongkos Kirim
Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya dengan
menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini
cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih
yang ongkos kirim gratis.
5. Bisa COD (Cash On
Delivery)
Ini adalah salah satu alasan mengapa saya memilih berbelanja di Lazada.
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak
sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran
di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan.
6. Costumer Care yang
cepat tanggap
Pengalaman saya selama berbelanja di Lazada, costumer care di Lazada
sangatlah cepat tanggap menangani keluhan pelanggan. Terdapat nomor Costumer
Care yang dapat dihubungi, namun terdapat juga fitur Live Chat yang akan
dijawab langsung oleh costumer care yang ramah.
7. Pengiriman Barang
Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan
tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan
konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat
setelah pembayaran diterima.
Kekurangan
1. Konfirmasi pembayaran
yang belum otomatis
Ini pengalaman saya pribadi ya… Jika membayar melalui Bank Transfer maka
akan disediakan halaman untuk memasukkan bukti pembayaran. Namun, halaman ini
tidak otomatis ada di setiap orderan. Jadi kita harus memasukkan nomor
orderannya sendiri secara manual. Alangkah lebih baiknya konfirmasi pembayaran
dibuat otomatis.
2. Status Order yang
terkadang kurang update
Lagi-lagi ini pengalaman saya. Terkadang Status order tidak update.
Seperti yang saya alami, barang saya belum dating selama tiga hari. Pada status
order tertulis “Diproses” yang artinya barang belum dikirim. Pada saat saya
tanya Costumer Care, ternyata barang sudah dikirim, bahkan sudah dikirim.
Pernah juga pada status order tertulis telah “Terkirim”, padahal kenyataannya
barangnya belum ada ditangan saya. Setelah dikonfirmasi ternyata ada kesalahan
dari Suppliernya.
Sumber :
http://www.lazada.co.id/
https://melfrida.wordpress.com/analisis-zalora-lazada/
Carla klo aku mau analisis lazada tapi aku mau analisis misal dari akurasi, correctness, usability, security nya kaya yg gtu gtu dehh gmn yaa, bisa bantu gak,
ReplyDeletekirim ke email saya ajah
feilung5@gmail.com
mohon pencerahan nya yah.