Tugas Softskill 2
Nama : Carla Rizki Handayani
NPM : 51412555
Kelas : 3IA18
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan
Grafis
Kebudayaan sangat berperan penting dengan perkembangan desain
pemodelan grafis. Karena dengan adanya kebudayaan, banyak inspirasi yang dapat
menunjang kreativitas dan dapat diaplikasikan dalam bentuk pemodelan grafis.
Misalnya dengan melihat candi yang ada di Indonesia dan beragam jenis kain
daerah. Contoh nyata pemodelan grafis di Indonesia adalah bamyaknya jenis batik
yang ada di Indonesia. Setiap batik mempunyai filosofi dari daerahnya
masing-masing. Misalnya Batik Jawa berbeda dengan Batik Sunda.
Teknologi juga tidak kalah berpengaruh dalam pemodelan grafis.
Dengan adanya teknologi memudahkan kita untuk membuat pemodelan grafis dengan
waktu yang lebih tepoat dan hitungan yang lebih presisi. Teknologi dibidang
pemodelan grafis juga erat dengan computer, karena dewasa ini makin banyak
software pendukung untuk membuat pemodelan grafis. Contohnya Blender. Desain Pemodelan Grafis juga
berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan
grafik komputer :
- Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari
objek- objek 2D dan 3D.
- Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari
model yang telah dibentuk.
- Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung waktu.
- Kerangka Grafik Komputer.
- Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara
aplikasi dan display hardware (Graphic System.
- Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
- Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain,
manufaktur, visualisasi dll.
Bidang Studi yang Berkaitan Dengan Design Pemodelan Grafis
a.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman
perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motoric.
Dengan adanya desain pemodelan grafik, dapat memudahkan pengajaran maupun
menjalankan metode-metode yang ada dalam Bidang Studi Psikologi,. Misalnya,
metode pendekatan psikologi dari psikolog ke pasiennya dengan gambar-gambar
yang menarik.
b.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik
dari pencocokan mesin ke manusia. Dengan adanya desain pemodelan grafik kita
dapat membuat desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan
layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan
mesin.
c.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan
dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Dengan adanya desain pemodelan grafik dapat memudahkan aplikasi sosiologi dalam
bentuk visual, tidak hanya teori yang banyak menggunakan kata-kata.
d.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan
dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini
dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi
dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
e.
Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan
tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun,
hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan
penampilan grafik yang diunggulkan.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang
a.
Budaya
Desain pemodelan grafik pada bidang budaya
berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.Kita
dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu
pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang
terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang
pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah
tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam
hal kerajinan membatik. Gambarnya dapat terinspirasi dari filosofi kebudayaan
di tempat tersebut.
b.
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
c.
Hiburan
Desain grafis adalah hal yang mutlak di bidang
hiburan. Contohnya dalah pembuatan kartun maupun iklan yang sudah memakai
desain grafis.
d.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya,
terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi
bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya,
seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam
bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk
proyek-proyek mereka.
e.
Perancangan
Pada bidang ini desain grafis digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya
menggunakan software desain grafis seperti Auto Cad semuanya
akan berlangsung secara mudah, cepat dan lebih spesifik dalam perancangan yang
akan dibuat.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment